Anak-anak Luar Biasa di Kaki Gunung

Standar

Tanggal 23 sampai dengan tanggal 26 Oktober 2008 lalu, saya pergi ke sebuah desa kecil di Kabupaten Kebumen, yaitu Desa Wonotirto. Desa ini terletak di kaki sebuah gunung di Jawa Tengah. Wono artinya adalah hutan, sedangkan tirto berarti air. Sehingga desa ini memiliki arti hutan tempat tersimpan air.

Misi utama dari perjalan ini adalah untuk memfasilitasi anak-anak Desa Wonotirto untuk mempelajari  bahaya pemanasan global, pendaurulangan kertas dan pengomposan sampah sederhana. Saya diundang oleh Mbak Alit, staf watsan dari Plan International untuk menjadi salah seorang fasilitatornya. Ternyata sambutan masyarakat Wonotirto sangat antusias dan ramah.

Anak-anak Wonotirto selesai membuat kompos

Anak-anak Wonotirto selesai membuat kompos

Diantara serba kekurangan yang dialami anak-anak desa, ternyata mereka punya semangat belajar yang besar. Saya jadi teringat novel karangan Andrea Hirata “Laskar Pelangi” tentang anak-anak Belitong yang berjuan untuk mengenyam pendidikan. Anak Desa Wonotirto tak kalah hebat. Mereka adalah anak-anak yang pandai meskipun pemalu layaknya anak desa.

Anak-anak Desa Wonotirto

Anak-anak Desa Wonotirto

Saya sendiri kaget karena ada anak dengan umur lima tahun yang sudah duduk di bangku kelas 1 SD sudah pandai membaca, menulis bahkan berhitung. Kalau di kota sih, biasa saja. Tapi kalau di desa, ini adalah suatu hal yang tidak biasa. Diantara, puluhan anak yang mengikuti kegiatan ini, sebagian tinggal di daerah Trenggulun, berkilo-kilo meter dari Desa Wonotirto. Setiap hari mereka sekolah berjalan kaki. Beberapa anak yang duduk di bangku SMP dan SMA sampai kerumah hingga pukul 7 malam. Wow…

Sayangnya, kunjunganku kesana hanya sebentar. Warga desa membuat saya rindu. Betapa tidak, saya dijamu masakan yang hommie, serasa makan di rumah sendiri. Sesaat aku akan pulang, anak-anak desa bertanya kapan mbak irni akan berkunjung lagi ke desanya. Bahkan ada yang meminta saya main ke rumahnya sebelum saya pulang. Terharu banget deh!

Yaaa… mudah2an Desa Wonotirto semakin maju. Dengan generasi mudanya yang pandai-pandai, Desa Wonotirto dapat menjadi lebih baikdan lebih mandiri di masa yang akan datang. Oke deh, Mbak Alit, ajak-ajak saya lagi ya ke Kebumen?!!

Tinggalkan Balasan

